Pengikut

Diabetes Penyakit Keturunan

Penyakit diabetes termasuk penyakit yang secara genetik bisa diturunkan. Jika seseorang mempunyai orang tua dengan dabetes,maka suatu sa'at orang tersebut setelah umur 30 atau 40 tahun bisa menjadi diabetes.

Apakah seseorang dengan faktor keturunan bisa terhindar dari diabetes?
Jawabnya mungkin bisa atau sebaliknya menunda munculnya diabetes pada usia yang lebih lanjut. katakanlah setelah berumur 50 atau 60 tahun. caranya dengan melakukan gaya hidup yang sehat, olahraga yang teratur, menjaga berat badan tetap normal, makan yang sehat, dan melakukan checkup rutin gula darah 1 tahun sekali.


Jika gula darah puasa kurang dari 100 mg/dl dan 2 jam setelah makan kurang dari 140 mg/dl, maka tidak perlu minum obat penurun glukosa darah. Tetapi jika gula darah puasa antara 100 mg/dl sampai dengan 125 mg/dl dan 2 jam setelah makan antara 140 mg/dl sampai dengan 199 mg/dl, maka dapat disebut sebagai pre diabetes. Pre Diabetes dapat diturunkan menjadi normal dengan gaya hidup yang baik dan ada obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya diabetes.

Apakah Bisa Disembuhkan?
Penyakit diabetes sebagian besar tidak bisa disembuakan, malah penyakitnya makin lama, makin progresif, artinya kebutuhan obat-obatan penurun gula darah makin meningkat dan akhirnya sebagian besar setelah menderita beberapa tahun akan perlu pengobatan insulin. Insulin sangat ditakuti dan cinderung dihindari, padahal jika obat-obatan oral memang sudah tidak mempan maka untuk tetap menjadi sehat pasien diabetes tersebut ya memerlukan insulin.

Tapi obat-obatan sa'at ini sudah canggih, dimulai dari obat oral, injeksi insulin, pompa insulin bahkan insulin yang bisa diisap melalui mulut. Sa'at ini ada temuan baru yaitu pankreas antifisial. Dokter tinggal menyesuaikan pasien tersebut memerlukan obat jenis apa, yang sifatnya sangat individual dari pasien per pasien. Pasien diabetes dengan perawatan yang kurang baik akan memungkinkan timbulnya komplikasi berbagai macam organ vital, yang semuanya bisa dihindarkan dengan pengelolaan yang baik sejak aal.
~~~~~~
Ayo budayakan hidup sehat!!!!! :) :P

-- Agung Pranoto (konsultan Endokrin Diabetes--
Sumber;l Jawa Pos, selasa 12 desember 2006
Category: 2 komentar

2 komentar:

Miftahur mengatakan...

Dulurku enek sing pernah kenek Penyakit Gula, tapi wes rodo' adoh (Mbah mindoan). Tapi, menurutku penyakit ini bisa dicegah dengan rajin banyak minum air putih yang sehat.

farid mengatakan...

ini dia nih salah satu pnykit yg mngerikan,.
betul gan, budaya hidup sehat kuncinya, mkasih infonya,
mampir ya
Obat diabetes melitus ampuh

Posting Komentar

Pages

HasruL's :

    Friend Positions
      My BlogCatalog BlogRank Personal Top Blogs Personal blogs
      eXTReMe Tracker
      Personal Blogs - Blog Rankings
      Thanks To:

      Leave message

      advertize

      Blog List