Pengikut

Khasiat Biji Jarak

MaLam gelap memang tanpa cahaya, namun bagi orang-orang desa Pemongkong, Lombok timur berjaLan di kegelapan maLam sudahLah menjadi kebiasaan. Tana lampu petromax(sorot), Lentera minyak ntuk memperoLeh peLita maLam hari. Hanya berbekaL biji buah jarak kering orang-orang desa Pemongkong tak kesuLitan untuk memperoLeh cahaya malam.
Loh kok bisa? Bagaimana caranya? Enggak mungkin dech kayaknya….!!???
”Bisa saja khan….! caranya… biji buah jarak yang kering, ditusuk dengan batang bambu yang disuLut dengan korek api…. dah gito aja… menurut orang-orang Pemongkong sie cukup terang dan tahan Lama. Getooooo….! J
Para petani tersebut memanfaatkan Lahan-Lahan kering seputar kampung untuk mmbudidayakan tanaman bergetah putih itu, sejak puLuhan tahun siLam. Setiap tahunnya rata-rata diperoLeh 200 ton biji kering dari 200 hektare kebun buah jarak mereka. Diangkut ke Jawa, diEkstrak, dan minyaknya dkirim Ke sejumLah Industri. Seperti industri kosmetik, obat, sabun, Cat, dan kertas.


Minyak buah Jarak berasaL dari sumber aLam yang dapat diperbaharui, berbeda dengan BBM, bahan bakar purba yang tak mungkin tercipta dalam waktu singkat.
Apakah minyak buah jarak tersebut ramah Lingkungan…?
”Pohon ini tumbuh secara aLamiah. Proses Fotosintesisnya menyerap kabondioksida (CO2) dan kadang bercampur dengan Gas-gas di Atmosfer sehingga bisa menghasLkan reaksi baLik terhadap efek rumah kaca…. so,,, ramah Lingkungan juga.. J
Proses mengubah mnyak bumi menjadi BiodieseL meLaLui tahap reaksi yang sederhana, yakni dengan menambahkan ”AlkohoL dan KataLisator”,antara lain ”Natrium Hidroksida (NaOH)”. HasiL pengujian di India menunjukkan BiodieseL itu mempunyai NiLai Catane 51, Lebih tinggi dari soLar yang niLai Catanenya 50. KaLorinya pun tak terpaut banyak, Sekitar 10.1770 k.CaL per Kg untuk solar dan 9.470 k.CaL per Kg pada minyak buah Jarak.
Apakah semua mesin DieseL bisa menggunakan bahan bakar BiodieseL…?
”Nah ini hebatnya…!!!! ;-) mesin dieseL yang sudah ada sekarang tidak perLu di modifikasi untuk mengkonsumsi BiodieseL. Dengan kata Lain… dapat digunakan di semua mesin dieseL.. Hebat khan… :mrgreen:
Maka dari itu, Indonesia sudah seLayaknya ceat menyiapkan bahan baka Alternatif. Tidak ada jaminan bahwa harga minyak internsionaL akan turun….
Ayo Indonesia…….!!!!!!!!!!!!!! BANGKIT………………..!!!!!!!!!!!! J
HasruL MuhasruL


5 komentar:

Anonim mengatakan...

Go go gogo go go..

Dengan jarak produksi dalam negeri, kita produksi bahan bakar biofuel ramah lingkungan....

Miftahur mengatakan...

SETUJU! AYO MAJUKAN INDONESIA LEWAT BIJI JARAK JUGA!

AYOOOOO SEMANGAAT!
MESKIPUN AKU BUKAN PETANI JARAK, AKU AKAN BERUSAHA UNTUK MEMAJUKAN INDONESIA LEWAT DUNIA MAYA :)

JAGA IMAGE INDONESIA DENGAN PERILAKU KITA :)

Anonim mengatakan...

wah bagus nih mas , jadi alternatif, semogi bisa di produksi besar-besaran.oke salam kenal ya.

Anonim mengatakan...

sampeyan pernah nyoba, biji jarak dikupas, dalemnya yang putih itu dibakar ato disangrai, terserah sesuai selera. rasanya mirip kacang tanah, tapi tunggu satu sampe dua jam, kepala mulai muter, kalo setelah itu sampeyan ndak muntah berarti hebat! hehe

dulu pernah ada temen saya seharian muntah-muntah abis adu kuat makan biji jarak.

srulz mengatakan...

@ Bocahbancar
ya, kita manfa'atkan sumber yang ada.

@Miftahur
Ayo juga... sama, tapi aku usaha'ain kedua2 nya....

@kawanlama95
Slam kenal juga mas... terimakasih.

@mastein
pernah, tapi teman saiaa yang makan, saya enggak ikut2an, karena dah di bilangin sama orangtua supaya jangan makan biji jarak.... :-)

Posting Komentar

Pages

HasruL's :

    Friend Positions
      My BlogCatalog BlogRank Personal Top Blogs Personal blogs
      eXTReMe Tracker
      Personal Blogs - Blog Rankings
      Thanks To:

      Leave message

      advertize

      Blog List