Pengikut

Manfaat Madu Tawon

Bicara mengenai madu…!! Wah jadi inget masa LaLu… :-) Tau gak waktu keciL aku suka sekaLi ama yang namanya madu… –Sampai sekarang juga masih kok…– Sampai” setiap bunga, aku “isepin”… yah kadang rasanya manis kadang puLa rasanya manis pLus pahit… yang jeLas manisnya jarang kudapat. waktu itu ada tumbuhan faveku yang bunganya ada madunya… Namanya kaLau enggak salah…!!!??? aku agak Lupa… tapi aku nyebutnya… “Madu-Maduan” ada di pinggir sawah waktu duLu… tapi kaLau sekarang udah enggak ada Lagi… sayang sekaLi ya… KaLau aku beruntung aku pasti dapetin yang rasanya manis… kaLau Lagi siaL ya tentu saja rasanya pahit banget… — ya ya Lah khan yang diisep getahnya…– terkadang juga Lidahku digigit semut… apa Lidahku manis ya…? :-)

Lebah madu ada banyak macamnya… Tapi yang aku tau… hanya ini…1. Apis Dorsata… Disebut juga tawon Gung. Jenis tawon ini tidak dipeLihara orang, sifatnya galak :-( , madu yang dihasiLkan Lebah encer dari madu biasa.. –Tapi yang jelas masih enceran air–

apis-dorsata

2. Apis Indica disebut juga tawon Madu. Type tawon ini bersifat gaLak . Tapi kalau masaLah pekerjaan… tawon type ini ahLinya…

apis-indica

3. Apis Mattifica Disebut juga tawon ItaLi. Tawon ini termasuk jenis ungguLan. Besarnya seperempat kaLi Lebih besar dari apis indica. Sifatnya jinak…Produktif…Sarangnya juga seLaLu bersih. –Beda sekai dengan kamarku…–

matica

Binatang ini hidup pada suhu 30 - 34 derajat ceLcius. Termasuk juga hewan berdarah dingin dan peka terhadap perubahan suhu. Tetapi jika suhu berada dibawah 10 derajat ceLcius, akan meLemahkan urat syaraf sehinnga bisa menyebabkan kematian pada hewan ini.

Sistem kerajaan tawon:

1.Ratu. Tidak memiLiki kesenangan, kebesaran, hidup dikontroL, makannya RoyaL JeLLy. Tugasnya berteLur sampai kemampuan berteLurnya habis. Ratu adaLah anak dari ratu ibu yang ditempatkan daLam seL ratu.
kira” berapa ya, penghasilan anak dari ratu tawon tsb.?

2.Jantan. Terdiri dari 200-300 spesies.
Sifatnya pemalas, rakus, seLaLu ingin terbang tinggi saat meminang sang ratu, senang keLuar saat haru cerah, tak pernah mengunjungi bunga. Makannya diatur oLeh Lebah karyawan. –Terjamin sekaLi kau..!–
“Hanay, adalah saLah satu jantan yang bisa mengawini sang Ratu, saat musim pacekLik, diusir dari kerajaan karena keLakuan rakusnya yang sudah meLakat pada dirinya sejak awaL.

3.Karyawan. Terdiri dari 30000 Lebih spesies.
Bekerja tak mengenaL LeLah, merawat Ratu lebah. Jantan, Larva, mencari tempat bunga, membersihkan sarang. Betina tidak berteLur dan kawin. Jika ratu tidak ada, secara naLuriia bisa berteLur. TeLur yang tidak dibuahi sperma, anak yang dihasiLkan menjadi jantan.

~Sistem komunikasi dengan gerak gerik.
~Sistem
KepahLawanan. Bisa disebut binatang pemberani, berani mati jika musuh menyerang bergotong-royong. SeteLah racun tertinggaL di tubuh musuh otomatis Lebah mati. Lebah yang mati dibuang beramai-ramai, jika terlaLu besar diolesi getah pohon, sebagai pengawet, sehingga bangkai tidak mudah busuk.

Manfaat :

` Bahan makanan, obat, minuman dan kosmetik.
` Obat awet muda.
` MemuLihkan vitaLitas kerja.

`Asam organik yang terdiri dari asam nitrat, Laktat, OksaLat, MkLat, Tartrat yang memperbaiki susunan darah. Memperlancar makanan dengan adanya enzim amiLase yang merubah peroksida. Meningkatkan HB darah, menambah nafsu makan karena bertindak sebagai stimuLan bagi pencernaan makanan, yang meLengkapi gizi pada anak. Mengurangi kadar asam Lambung Pada penyakit Lambung.

” Madu Tawon mengandung fruktosa 4,1%, aturosa 35%, suksa 1,9%, Dektrin 1,5%, Air 17%, MineraL 17,4%. Terdiri dari Natrium, Magnesium, CaLcium, Tembaga, ALuminium, Besi, KaLium dan Fosfor. Mengandung vitamin B1, B2, C, K yang Larut dalam air dan lemak sehingga mudah dioLah tubuh.”

Nah apakah Teman” pernah makan sarangnya…? Gimana rasanya…?

“kaLau aku sendiri pernah… rasanya seperti “bothok” ya emang karena sengaja dijadikan bothok…
mungkin ada yang Lainnya…?”

HasruL muhasruL

2 komentar:

srulz mengatakan...

coba : :)) :)] ;)) :D ;) :p :((

Puspita mengatakan...

Artinya, kita juga harus belajar pada tawon.

Berarti setiap saat kita harus terus menerus belajar, terutapa pada alam yang tidak pernah bohong pada kita.

Posting Komentar

Pages

HasruL's :

    Friend Positions
      My BlogCatalog BlogRank Personal Top Blogs Personal blogs
      eXTReMe Tracker
      Personal Blogs - Blog Rankings
      Thanks To:

      Leave message

      advertize

      Blog List